POST DETAIL

Jumat, 26 Agustus 2016 - 15:10

Memilih Tata Rias Pengantin Muslimah, Jangan Sembarang

illustrasiMataWanita.com – Persiapan pengantin muslimah selain dekorasi dan catering, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah tata rias. Ini juga harus kamu persiapkan secara total. Karena tidak mungkin pengantin yang akan menerima doa restu dan salaman dari para tamu tidak ada sedikit pun goresan make up. Namun. hal ini juga tidak bisa sembarangan. Apalagi jika harus meruas pengantin muslimah. 

Islam sebagai agama yang sangat sempurna telah memberikan berbagai panduan dalam hidup manusia bahkan hingga hal-hal terkecil. Dalam hal ini adab berias pun termasuk di dalamnya. Meski hingga kini banyak kalangan yang menganggap tabarruj (berias) adalah hal yang tidak sebaiknya dilakukan, faktanya Islam tak pernah melarang perempuan untuk bisa tampil cantik, terlebih di hari pernikahannya. Namun, wajib diingat ya,Dear. Sebagai muslimah, tentunya ada hal-hal yang harus tetap diperhatikan dalam tata rias agar segalanya tetap dalam koridor yang benar alias syar’i. Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata rias pengantin muslimah.

1. Penata Rias Haruslah Sejenis

Dear, pasti tahu dong dalam islam perempuan dan laki-laki yang bukan muhrim harus selalu menjaga jarak? Peraturan ini tetap berlaku lho saat menata rias. So, pastikan penata rias wajahmu adalah perempuan ya. Hindari menggunakan penata rias pria maupun waria untuk meriasmu meski hasil riasan mereka mumpuni. Ingat, syar’I tetap yang terbaik, Dear. Sebaliknya, untuk menata rias calon suami, pilihlah penata rias pria.

2. Hindari Prosedur yang Dilarang

Ingat ‘kan dalam Islam ada peraturan yang mengharamkan kita mengubah ciptaan-Nya? Nah, jangan sampai lupa untuk tetap istiqomah menjalankan peraturan ini. Hindari prosedur-prosedur rias yang bersifat mengubah ciptaan-Nya seperti mencukur alis, menyambung rambut, dan mengikir gigi. Tampil cantik tidak harus dengan melanggar syariat ‘kan?

3. Pergunakan Kosmetik yang Halal

Islam mengajarkan kita untuk menghindari hal-hal yang membawa mudarat bagi diri dan sesama, termasuk untuk hal tata rias. Untuk itu, pastikan kosmetik yang dipakai untuk merias berlabel halal sehingga tak akan membawa keburukan untuk kulit kita. Jangan lupa untuk tidak berlebihan dalam riasan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata rias pengantin muslimah. Selamat tampil memukau dalam balutan syariah. (km)


 

MOST POPULAR